Kamis, 02 Februari 2017

Cara Berlatih Yoga


Image result for yoga


Yoga adalah sekumpulan keyakinan kuno sejak ribuan tahun lalu yang diyakini juga dalam agama Hindu, Buddha, dan tradisi Jainisme sebagai tujuan spiritual yang harus diperjuangkan melalui pendisiplinan diri.[1] Di negara-negara Barat, yoga pada umumnya lebih dikenal sebagai olahraga fisik dalam bentuk asana atau pose-pose tertentu ketimbang sebagai cara untuk mencapai kesadaran spiritual. Ada berbagai cara dalam menerapkan dan memahami filosofi yoga, di antaranya melalui latihan penguatan, relaksasi, peningkatan energi, peregangan tubuh, dan pengendalian pikiran. Siapa saja bisa berlatih yoga, dimulai dari latihan asana sampai bermeditasi dan melakukan berbagai teknik pernapasan.
1
Tentukan tujuan Anda berlatih yoga. Sebelum mulai berlatih yoga, cobalah mencari tahu mengapa Anda mau berlatih. Yoga bisa digunakan untuk melatih fisik, mengurangi dan mengelola stres, cara menyembuhkan penyakit atau cedera, dan sebagai jalan menuju pencerahan spiritual yang memberikan Anda kebahagiaan dan kedamaian sejati.

    Tentukan aspek manfaat apa yang ingin Anda peroleh, apakah kekuatan, kelenturan, stamina, atau mengatasi kecemasan dan depresi. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan kesejahteraan hidup secara menyeluruh dengan berlatih yoga.
    Tulislah tujuan dari latihan Anda. Sering-seringlah meninjau kembali tujuan ini dan tambahkan tujuan baru agar Anda selalu merasa tertantang.[2] Sebagai contoh, tujuan Anda bisa “lebih sering berlatih” atau “Saya ingin menguasai lolasana.”
2
Ketahuilah bahwa tidak ada istilah yoga yang "baik" atau “benar”. Ada banyak gaya dan cara berlatih yoga dan akan selalu ada praktisi yoga yang lebih berpengalaman daripada Anda. Satu hal yang perlu Anda ketahui, yoga bukanlah sebuah persaingan dan berbeda dari olahraga pada umumnya. Yoga adalah latihan pribadi yang dilakukan dengan menenangkan pikiran, relaksasi, dan mengembangkan kemampuan fisik yang akan memperkaya kehidupan dan meningkatkan kondisi tubuh Anda.[3]

    Siapa saja bisa berlatih dan menikmati manfaat dari yoga. Anda bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental dengan memasukkan yoga ke dalam rutinitas Anda sehari-hari, bahkan jika Anda hanya bisa berlatih 10 menit dalam sehari.[4]
    Dibutuhkan cukup waktu sampai Anda bisa menemukan gaya tertentu dan tempat berlatih yoga yang Anda sukai. Sama halnya dengan mencari guru yoga yang paling sesuai dengan keinginan dan tujuan Anda, mungkin harus melalui uji coba berulang kali.
3
Siapkan peralatan yang bisa membantu Anda berlatih. Setidaknya Anda perlu menyiapkan matras yoga. Sebagai alat bantu, sebaiknya Anda juga menyiapkan tali dan balok yoga, selimut besar, dan guling.[7] Alat-alat bantu ini akan meningkatkan dan memperdalam latihan Anda serta memberikan rasa nyaman selama Anda berlatih.[8]

    Anda bisa membeli matras dan alat-alat tersebut di toko perlengkapan olahraga, sanggar yoga, atau penjual peralatan yoga daring.

4
Pakailah baju yang cukup longgar dan nyaman. Pakailah baju yang nyaman dan leluasa untuk bernapas supaya Anda bisa melakukan berbagai gerakan dan pose peregangan dengan lebih baik. Selain itu, Anda tidak akan merasa tersiksa karena pakaian yang terlalu ketat atau tidak nyaman.

    Tidak perlu memakai baju khusus untuk yoga. Pakailah baju yang tidak terlalu ketat agar Anda merasa nyaman selama berlatih. Para wanita bisa memakai celana legging, baju kaus tanpa lengan, dan BH sport. Para pria bisa memakai celana pendek untuk berolahraga dan t-shirt.
    Pada saat Anda ingin mencoba pose-pose yang lebih menantang, pilihlah celana dan baju yang agak ketat agar pakaian Anda tetap rapi.
    Jika Anda ingin berlatih yoga Bikram yang dilakukan di dalam ruangan dengan pemanas atau yoga Jivamukti dengan pose yang lebih intens, Anda harus memakai baju yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

5
Carilah tempat berlatih yang nyaman. Jika Anda ingin mencoba berlatih yoga dulu di rumah sebelum bergabung dalam kelas, carilah tempat yang tenang dan nyaman. Anda membutuhkan ruangan yang cukup luas agar bisa bebas bergerak dan tidak terlihat dari luar.[9]

    Letakkan matras dengan jarak 10-20 cm dari dinding atau benda-benda lain agar Anda tidak terbentur.
    Carilah tempat berlatih yang hening dan tenang agar tidak ada orang yang mengalihkan perhatian Anda. Selain itu, Anda harus mencari tempat latihan yang nyaman. Tempat yang lembap atau ruangan yang terlalu dingin bukanlah pilihan yang tepat.


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. JARANTANPOUNTU - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz